BOGOR - Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melakukan pembekalan peningkatan pegawai melalui etika dan kepribadian dalam rangka optimalisasi pelayanan AHU Online kepada masyarakat. Pembekalan kali ini dilakukan kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Ditjen AHU sebagai salah satu bentuk peningkatan kompetensi dan etika dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).
"SDM yang handal dan etika kepribadian adalah aset penting bagi kebutuhan organisasi dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat" kata Sekretaris Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Sesditjen AHU). M. Aliamsyah, di Bogor, Minggu ( 8/11/20).
Ali mengatakan, kegiatan pembekalan peningkatan pegawai melalui etika dan kepribadian ini merupakan kali kedua dilakukan oleh Ditjen AHU sebagai ajang silaturahim antar PPNPN. Dia meminta semua PPNPN harus saling mengenal untuk dapat saling bertukar pikiran dalam rangka mengsinergikan pekerjaan antar bagian di Ditjen AHU.
" kegiatan ini sebagai bentuk silaturahim untuk menjalin komunikasi, saling mengenal dan tukar pikiran" tandasnya.
Dia menambahkan selain Aparatur Sipil Negara (ASN), PPNPN juga harus memahami semua layanan yang ada di Ditjen AHU.Pasalnya, layangan AHU sangat krusial dan penting apalagi terkait dengan layanan badan hukum yang dianggap sebagai gerbang kemudahan berusaha dan mendukung Undang-undang Cipta Kerja.
" Pegawai AHU harus memahami layanan Ditjen AHU, apalagi saat ini dalam UU Cipta Kerja terdapat badan usaha baru berupa PT Perorangan" tambahnya.
Sementara itu, Direktur Perdata Santun Maspari Siregar menjelaskan, layanan di Ditjen AHU yang paling banyak adalah pada Direktorat Perdata sehingga hal ini benar-benar harus dipahami oleh seluruh pegawai. Dia berpesan kepada PPNPN agar terus belajar mengali ilmu yang ada di Ditjen AHU. Pasalnya, banyak kompilasi ilmu yang mungkin tidak dapat ditemui ditempat lain.
" Kenali dan gali terus Ilmu Ditjen AHU, belajar dan belajar" ucap Santun.
Menurut Santun PPNPN Ditjen AHU sudah banyak berkontribusi dalam peningkatan layanan Ditjen AHU kepada masyarakat, sehingga perlu terus dilakukan peningkatan pengetahuan untuk berintegritas menjadi insan yang tangguh dan mampu untuk bersaing.
"hanya orang yang berintegritaslah yang akan tangguh dan mampu untuk bersaing" ujarnya.