JAKARTA - Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Dirjen AHU) Cahyo R. Muzhar menggelar sidak di lingkungan Direktorat Jenderal Adminstrasi Hukum Umum (Ditjen AHU). Sidak itu di lakukan, lantaran mulai tanggal 14 September 2020 Pemerintah Propinsi DKI Jakarta kembali diberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) sehingga kapasitas perkantoran di DKI Jakarta, baik pemerintah maupun swasta, untuk dua pekan ke depan diatur sebesar 25 persen. Bilamana ditemukan ada kasus positif virus Corona baru (COVID-19).
Dengan didampingi Pimpinan Tinggi dilingkungan Ditjen AHU, Cahyo mendatangi setiap ruangan yang ada di gedung Ditjen AHU Jl. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, untuk memastikan ASN Ditjen AHU menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak.
Dia juga berpesan kepada seluruh ASN Ditjen AHU agar menjaga kebersihan ruangan kerja. Pasalnya, kondisi lingkungan kerja merupakan hal yang sangat mempengaruhi produktivitas ASN. Salah satu hal yang bisa meningkatkan kualitas kondisi lingkungan kerja adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan kerja.
Selain karena ruang kerja adalah tempat pegawai menghabiskan waktu setiap harinya sehingga haruslah nyaman, lingkungan kerja yang bersih pastilah terjamin kesehatannya. Dengan lingkungan kerja yang sehat maka pegawai bisa bekerja dengan nyaman dan terbebas dari penyakit.
Banyak hal yang mempengaruhi kenyamanan bekerja di kantor. Salah satunya sanitasi yang buruk, dan ruangan yang pengap akan membuat bekerja di kantor menjadi tidak lagi nyaman. Dengan kondisi yang buruk ini akan banyak penyakit menyerang kesehatan pegawai seperti diare, flu, dan masalah pernapasan apa lagi sekarang sedang marak penyebaran Virus Covid-19.
Selain itu, kebersihan lingkungan kerja yang terjaga juga berhubungan dengan kepuasan pegawai dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Ruang kerja yang rapi dan bersih penataannya akan membuat pegawai semangat bekerja di dalamnya. Untuk itu, sebaiknya semua pegawai mencuci tangan sebelum masuk dan keluar kantor agar terjaga kebersihannya.Dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, Mencuci tangan,Menjaga jarak dan Memakai masker.