
Jakarta– Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Rini Widyantini mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta untuk meninjau langsung layanan Administrasi Hukum Umum (AHU).
Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan layanan AHU berjalan optimal dan benar-benar memudahkan masyarakat.
“Sebelum ada MPP, warga harus bolak-balik dari satu kantor ke kantor lain. Sekarang, semua bisa diurus di satu tempat. Ini bukti pelayanan publik makin inklusif, cepat, dan efisien,” ujar Rini, di MPP DKI Jakarta (29/09/25).
Ia menambahkan, kehadiran MPP juga mencegah maladministrasi dan mendukung integrasi data antarinstansi, sehingga proses birokrasi bisa lebih sederhana.
Lebih jauh, Rini menekankan pentingnya layanan yang bisa diakses oleh semua warga, termasuk kelompok rentan. Menurutnya, pelayanan publik harus berpihak pada kebutuhan masyarakat, bukan kenyamanan birokrat.
“Transformasi digital adalah solusi atas hambatan geografis dan infrastruktur. Pemerintah harus berani berubah,” tegasnya.
Lebih dari itu masyarakat yang mengakses layanan AHU di MPP DKI Jakarta menyambut positif kehadiran layanan terpadu ini.
“Dulu ngurus akta yayasan bisa seharian. Sekarang lebih cepat, antrean juga lebih tertib, Petugasnya informatif dan prosesnya transparan. Saya merasa lebih nyaman” ujar Wahyu, warga Tebet.