Bandung – Acara Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung, diadakan di Bale Asri Pusdai, Kota Bandung. Acara yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Gubernur Sulawesi Selatan, Walikota Bandung, serta para peserta pameran replikasi inovasi ini dihadiri oleh ribuan pengunjung. (26/10)
Forum ini berupa pameran dan workshop yang terdiri dari workshop transfer pengetahuan dan pengalaman para inovator pelayanan publik kepada instansi pemerintah, coaching clinic inovasi pelayanan publik, Bimtek Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, LAPOR! – SP4N, sosialisasi nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, dan Pameran Replikasi Inovasi Pelayanan Publik.
Keikut sertaan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) dalam Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2016 ini untuk memberitahukankan kepada masyarakat agar lebih mengetahui pelayanan yang ada di Ditjen AHU.
Di sisi lain, dalam Sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Daulat P Silitonga selaku Direktur Perdata yang mewakili Direktur Jenderal AHU Freddy Harris menyampaikan sekilas mengenai Ditjen AHU. Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SiNovik), Ditjen AHU meraih penghargaan selama 3 tahun berturut-turut dan memberikan penjelasan tentang manfaat pelayanan publik berbasis online di Ditjen AHU diantaranya. Sebelum online system proses lambat, terdapat banyak eror, perlu tatap muka dengan pegawai, masih ada pungli, dll. Sesudah online system proses menjadi mudah, hasil tepat dan akurat, tidak perlu tatap muka dengan pegawai, tidak ada pungli, dll.
“Dengan adanya Layanan berbasis Online ini dapat menghapus Pungutan Liar (Pungli) dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang berkualitas,” Ucap Daulat dalam Sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2016.
Forum ini merupakan ajang untuk mengakselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia. Dalam forum ini mempertemukan antara sejumlah inovator yang pernah mendapat penghargaan dari Kementerian PANRB dengan kepala-kepala daerah lainnya agar secara cepat dapat mereplikasi inovasi yang telah berhasil dan dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan disisi lain untuk mendorong instansi pemerintah menjadi ujung tombak dalam melakukan pelayanan publik agar lebih terarah, fokus serta berkesinambungan. [HD/LKY/IU]